Map


Polls

Menurut Anda Bagaimana Tampilan Website ini?

Jumlah Pengunjung

Visitor Statistics
» 2 Online
» 25 Today
» 125 Week
» 125 Month
» 125 Year
» 125 Entirely
Record: 55 (21.02.2018)

Evaluasi DAK Fisis Tahun Anggaran 2017

Evaluasi DAK Fisis Tahun Anggaran 2017

Pada Tanggal 30 November 2017 Bappeda Kabupaten Sintang melaksanakan Rapat Evaluasi DAK Fisik Tahun Anggaran 2017 bersama seluruh OPD di Kabupaten Sintang yang bertempat di Ruang Kerja Bupati Sintang. Dalam rapat membahas tentang penyerapan anggaran khusus DAK Fisik Tahun 2017, juga di buka diskusi dan tanya jawab tentang kendala dalam melaksanakan DAK Reguler, DAK Penugasan dan DAK Afirmasi serta DAK Tambahan 2017. Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Sintanng Jarot Winarno, dikatakan agar OPD yang masih belum menyelesaikan kegiatan agar segera dapat menyelesaikan sesuai batas waktu yang sudah ditentukan. Pak Bupati juga beberapa kali menegaskan tentang Tahapan Penyaluran DAK Fisik diantaranya untuk penyaluran Triwulan IV adalah selisih dana yang telah disalurkan triwulan 1 sampai dengan triwulan 3, dengan nilai rencana penyelesaian kegiatan yang dihitung berdasarkan nilai kontrak ditambah nilai kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola ditambah nilai dana yang digunakan untuk kegiatan penunjang disalurkan paling cepat November dan paling lama 31 Desember 2017.

Dalam paparan Kartiyus, SH, M.Si selaku  Kepala Bappeda memaparkan beberapa hal diantaranya adalah :

  • Dalam hal Pemerintah Daerah terlambat penyampaian laporan dan/atau dokumen persyaratan penyaluran tahap berikutnya tidak lengkap (tidak memenuhi persyaratan) maka DAK Fisik untuk triwulan/tahap berikutnya tidak disalurkan lagi dan untuk menyelesaikan kontrak pekerjaan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.
  • Dalam hal nilai rencana penyelesaian kegiatan kurang dari 80% dari pagu alokasi maka penyaluran DAK triwulan 4 tidak disalurkan.
  • Persyaratan penyaluran DAK Fisik Triwulan 4 : Realisasi triwulan 1 sam[pai dengan 3 minimal 90%, Output perbidang 65%.
  • Khusus untuk Tambahan DAK 2017 salah satu persyaratannya adalah Apabila sampai dengan tanggal 12 Dresember 2017 relisasi fisik dan keuangan tidak mencapai target (fisik 50% dan keuangan 75%) sehingga Tambahan DAK tahap II tidak dapat ditransfer maka pembayaran pekerjaan dilakukan sesuai dengan realisasi fisik di lapangan dan tidak akan ditanggung/bebankan pada APBD Kabupaten Sintang.
  • Dalam hal Pemerintah Daerah tidak memenuhi persyaratan dan/atau melampaui batas waktu, maka tambahan DAK Fisik tahap yang bersangkutan dan tahap selanjutnya tidak disalurkan.
  • Dalam hal penyaluran tambahan DAK fisik hanya disalurkan sebagian maka pendanaan dan penyelesaian kegiatan dan/atau kewajiban pada pihak ketiga atas pelaksanaan kegiatan menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah. (Litbang).